Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas


            Laptop, ya laptop. Tentu kalian sudah memiliki gadget ini. Benda ini memang wajib dimiliki oleh para pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran karena mengingat pada era sekarang ini hampir segala sesuatu dilakukan dengan gadget. Mungkin laptop sekarang sudah bukan termasuk barang yang mahal lagi karena hampir semua orang sudah memilikinya.
Namun, pernahkan kalian disaat sedang menggunakan Laptop dan laptop terasa sangat begitu panas. Ya, hal ini biasa disebut overheat. Mungkin sebagian dari kalian akan melakukan suatu hal, yaitu me-shutdown laptop anda. Hal yang anda lakukan mungkin sudah benar. Nah, sekarang kita bahas bagaimana cara mengatasinya. Baca dengan teliti artikel dibawah ini,
1.      Menggunakan Coolingpad
Coolingpad merupakan sebuah alat atau benda yang berbentuk seperti kipas. Coolingpad digunakan untuk menurunkan suhu laptop anda dari luar. Cara pemaikannya hanya dengan menyambungkan Coolingpad ke port USB laptop anda dan letakkan laptop anda diatas Coolingpad. Harga coolingpad cukup murah, hanya berkisar antara Rp.20.000,00-Rp.70.000,00
2.      Membersihkan Heatsink
Heatsink ini adalah sebuah kipas seperti coolingpad namun ukurannya lebih kecil dan terletak di dalam laptop anda. Seiring dengan lamanya penggunaan laptop, maka semakin banyak debu yang menumpuk di heatsink. Debu yang menumpuk tadi bisa mengganggu kinerja dari heatsink. Salah satu cara mengatasinya adalah membongkar laptop anda dan melepas heatsink kemudian dibersihkan dengan hati-hati menggunakan sikat yang lembut.
3.      Menambahkan cairan thermal paste.
Thermal paste adalah sebuah pasta seperti alumunium cair yang sebagai penghantar antara Prosesor dengan GPU. Thermal paste ini dioleskan diatas CPU, dengan pengolesan secukupnya (tidak terlalu banyak dan sedikit). Saran saya agar anda mengecek selalu thermal paste ini. Untuk mendapatkan thermal paste, anda bisa pergi ke toko komputer terdekat. Harganya mulai dari Rp. 20.000,00-Rp.250.000,00 beda kualitas beda harga.
4.      Mengganti Heatsink (bila perlu)
Apabila heatsink laptop anda sudah tidak memungkinkan untuk bisa dipakai lagi silahkan anda menggantinya. Karena jika dipaksakan maka CPU anda akan meleleh karena suhu nya sangat tinggi. Heatsink bawaan memang kualitasnya tidak sebagus karena biasanya tidak bermerk. Anda bisa membeli heatsink bermerk seperti Raijintek atau lainnya yang memang kualitasnya sudah cukup bagus.
5.      Tidak menggunakan laptop diatas kasur.
Apabila menggunakan laptop diatas kasur, maka sirkulasi pembuangan udara akan terganggu. Sehingga udara panas yang dibuang oleh heatsink akan tetap berada didalam laptop, tidak keluar. Sebaiknya anda tidak menggunakan laptop diatas kasur, atau jika terpaksa anda dapat menggunakan coolinpad sebagai alasnya.

      Mungkin itu saja tips yang bisa saya bagikan, anda bisa mempraktekkan langsung di PC sobat. Semoga Laptop sobat sudah tidak mengalami overheating lagi. Selamat mencoba.

Share this

Related Posts

First