Cara Jitu Menambah Kecepatan Modem


        Cara Jitu Menambah Kecepatan Modem~ Pernah mendengar yang namanya modem? Ya, modem digunakan untuk bisa mengakses internet. Orang yang suka berselancar di dunia internet pasti sudah tidak asing dengan benda ini. Modem sangat memiliki peran yang penting dalam kelangsungan ber-internet. Lantas, apa sih pengertian modem?
          Pengertian dan Fungsi Modem
Modem adalah kependekan dari kata Modulasi dan Demodulasi. Modulasi dan Demodulasi merupakan dua fungsi modem yaitu :
  n  Modulasi Sinyal          : Me-modulasi sinyal ke analog untuk ditransfer
  n  Demodulasi Sinyal     : Men-demodulasi sinyal untuk mengembalikan sinyal ke bentuk digital hingga mempresentasikan informasi tertentu.
Bisa disimpulkan Fungsi Modem adalah mengubah sinyal analog menjadi digital dan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

Setiap modem memiliki kecepatan yang berbeda beda, mulai dari 3,6Mbps sampai 100Mbps tergantung merk dan kualitasnya. Pada zaman dulu modem hanya bisa untuk menghubungkan koneksi internet, namun sekarang juga bisa dijadikan cardreader karena terdapat sebuah slot MMC.
Meskipun modem memang banyak diminati, namun ada kekurangan yang dirasakan bagi penggunanya. Yakni kecepatan modem yang sangat lambat. Nah, disini kita akan membahas bagaimana cara agar kecepatan modem menjadi lebih cepat. Simak penjelasan berikut ini :
  ü Setting Bandwidth Modem
Di cara ini, kita harus menonaktifkan koneksi modem kita.
Pertama, klik icon network yang biasanya ada di bagian pojok kanan bawah. Nah, disitu pastikan tidak ada koneksi dial-up yang masih connect.
Kedua, klik kanan pada bagian Nama Dial-Up yang digunakan, lalu pilih Properties.
Ketiga, pada tab General, klik Configure.
Keempat, pilih speed yang paling tinggi. Kemudian centang semua hardaware feature-nya. Nah, kalo sudah klik OK.
  ü Menggunakan Antena Modem External










Cara kedua ini menurut saya adalah cara yang paling ampuh dan efektif. Antena External contohnya seperti Antena Yagi. Sebenarnya modem sudah memiliki antena internal, namun hal tersebut masih dirasa kurang. Sehingga banyak perusahaan membuat Antena Modem External. Cara memakainya gampang, tinggal mencolokkan ke port yang sudah disediakan. Namun, tidak semua modem ada port untuk antena external. Tidak usah khawatir, ada banyak cara untuk memasangnya. Salah satu caranya dengan melilitkannya ke body modem tersebut, lilitannya juga harus kuat.
  ü Menggunakan USB extender/kabel perpanjang USB










Dengan kabel USB extender ini, anda dapat meletakkan modem kesayangan anda di tempat yang memiliki sinyal kuat. Seperti di atap rumah atau di teras rumah. Kabel ini sangat panjang, tidak perlu khawatir jika tidak sampai karena panjangnya bisa sampai belasan meter. Harganya pun cukup murah, tidak sampai ratusan ribu dan bisa di dapatkan di toko komputer terdekat di daerah anda
          Review dari tips diatas. Menurut saya cara yang terbukti sangat berpengaruh adalah menambah Antena Modem Eksternal. Karena dengan cara tersebut dapat menambah kekuatan sinyal yang ditangkap oleh modem. Nah, ada dua antena modem yaitu portable yang bisa dibawa kemana saja dan ada juga yang dipasang diatas rumah seperti antena TV. Kalo saya sih lebih suka yang portable, karena bisa dibawa kemana saja saat kita mebutuhkannya.
Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan ke admin atau di kolom komentar. Terimakasih.!

        

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »